Rabu, 17 September 2014

ini nih daerah saya

Eksotika Bromo dalam Balutan Budaya Suku Tengger - Catatan: M. Ridwan (Redaktur Jatim LICOM) - Pemandangan Gunung eksotik Bromo, Jawa Timur.
Daerah saya adalah daerah pariwisata yaitu bromo tengger semeru, saya asli wong bromo alias suku tengger di daerah saya banyak keunikan antara lain disana orang muda, tua , anak kecil cowok cewek pun ciri kasnya mereka pasti pakek sarung seperti yang ada di atas itu memang dari dulu mulai dari saya lahir di ajarkan setiap mau pergi kemana harus pakek sarung disana itu dengan menggunakan sarung menandakan sopan santun , tapi itu tergantung pada keluarga masing masing.
masyarakat suku tengger kebanyakan menganut agama hindu ,tapi masyarakat suku tengger lebih mengutamakan adat istiadatnya antara lain ada hari raya karo,kasada,unan unan dan masih banyak lagi , bulan depan ini masyarakat suku tengger akan merayakan hari raya karo pasti penasaran kan , hari raya karo itu kalau di agama islam itu seperti hari raya idul fitri jadi mengutamakan bersilah turami antar saudara, tetangga .untuk makanan orang suku tengger yang paling khas adalah nasi aron(nasi jagung yang lembut),ikan asin dan sayuran , aron ini juga bisa dimakan sambil minum kopi ininih yang paling saya sukai , penasaran monggo di coba..
orang sana juga mempunyai tarian yaitu tari sodoran, dan tari ujung tari sodoran ini biasanya di rayakan kalau hari raya karo dimana setiap masyarakat suku tengger berkumpul semua,, 
inilah tentang daerah saya dan saya bangga menjadi anak suku tengger.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar